Kantor Imigrasi Kelas I Malang. Jl. Raden Panji Suroso No.04 Malang, Telp. +62(341) 491039, Fax. +62(341) 482233 e-mail : kanim_malang@imigrasi.go.id
Home

BEBAS VISA JADI PINTU MASUK TKA ILEGAL

 


Malang, 14 Januari 2017

 

  Keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) Ilegal di Jawa Timur mengundang keresahan para pekerja anak negeri. Pelan tapi pasti, keberadaan mereka mulai menggusur para pekerja anak negeri. Hal ini tidak hanya terjadi di Malang, tapi juga di beberapa wilayah di Jawa Timur.

 

  "Akhir tahun lalu, kantor kami ramai di demo serikat pekerja. Mereka menuntut penanganan tegas soal pekerja asing ilegal yang semakin marak. Hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi kami untuk menyikapinya. Nanyak pekerja asing yang menyalahi aturan" kata Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, H. Freddy Poernomo, S.H., M.H., dalam kunjungan kerjanya ke Kantor Imigrasi Kelas I Malang pada hari Jumat (13/1) kemarin.

 

  Dijelaskannya, kunjungan yang ia lakukan ke kantor-kantor imigrasi yang melingkupi wilayah-wilayah di Jawa Timur, untuk mendapatkan masukan soal polemik tersebut. Mulai dari kendala yang dihadapi dalam pengawasan sampai pada kondisi dan situasi di wilayah masing-masing. Sebagai Kantor Imigrasi dengan cakupan wilayah yang luas, Kanim Malang menjadi salah satu pihak yang sangat butuh di dengarkan masukan dan kendala yang di hadapi.

 

  "Karena nantinya hasil dari tukar pikiran ini akan kami jadikan acuan untuk wacana pembentukan regulasi daerah soal tenaga kerja asing TKA. Regulasi ini akan menjadi payung hukum yang dapat melindungi hak pekerja Indonesia tanpa harus memangkas hak WNA yang ingin bekerja di Indonesia" jelas Freddy.

 

  Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Malang Novianto Sulastono, SH. menjelaskan, pengawasan tenaga kerja asing sudah di maksimalkan pihaknya pada pelaksanaan fungsi Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) yang terdiri dari lintas sektor. Selain itu Kepala Kanim Malang juga mengaku, pengawasan orang asing tidak dapat dilakukan sendiri oleh imigrasi saja. Dengan keterbatasan sumber daya manusia dengan membawahi wilayah yang cukup luas, Kanim Malang juga sedikit kewalahan.

 

  "Maka dari itu Tim Pora ini kami bentuk. Terdiri dari pihak imigrasi, unsur TNI/POLRI, Lapas, Disnakertrans, Bakesbangpol, Kemenag, sampai mengajak tokoh-tokoh masyarakat atau agama yang berpengaruh" Ujar Novianto.

 

  Dia juga mengungkapkan, kebijakan bebas visa bagi wisatawan yang saat ini berlaku diakui nampak memberatkan pihak imigrasi dalam sistem pengawasan orang asing. Pasalnya modus warga negara asing memakai visa wisatawan untuk menjadi tenaga kerja ilegal banyak ditemukan. Ia berharap kebijakan visa bebas dapat ditinjau kembali oleh pihak pemerintah. Selain itu, Novianto mengutarakan bahwa pihaknya tetap menjalankan sistem "Selective Policy" bagi seluruh warga negara asing yang ingin masuk ke Malang.

 

  "Kami sangat selektif. Jadi hanya warga negara asing yang menguntungkan negara saja yang kami perbolehkan masuk. Beberapa negara seperti Suriah dan Afganistan bahkan kami masukan dalam list yang harus lebih diperketat pengawasan nya karena merupakan negara rawan" tandas mantan Kepala Imigrasi Maluku Utara ini.

PENGUMUMAN PENJELASAN GANGGUAN DALAM SISTEM PENERBITAN PASPOR R.I TERPADU

 

Malang, 09 Januari 2017

 

  PENGUMUMAN! Sehubungan dengan terjadinya gangguan dalam Sistem Penerbitan Paspor RI Terpadu. Maka disampaikan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Malang hanya dapat melayani permohonan paspor sampai pada tahapan pengambilan foto, sidik jari, dan wawancara. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, atas perhatiannya di ucapkan terima kasih.

 

                                                                                   Gambar : Surat Penjelasan Gangguan

Page 9 of 19

Profile Imigrasi Malang

Info Kontak

Jl. Raden Panji Suroso No.04 Malang

Telp. ( 0341) 491039, Fax. (0341) 482233


e-Mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Link Terkait

 

Statistik Pengunjung

Today181
Yesterday328
This week1038
This month5552
Total278752

  • Visitor IP : 54.166.141.12
  • Operating System: unknown
Thursday, 21 June 2018
Copyright © 2014 Kantor Imigrasi Kelas I Malang. All Rights Reserved.