HomeInfo PublikArsip Berita

KANTOR IMIGRASI I MALANG MENGAWALI TAHUN 2017 DENGAN JANJI KINERJA

 

 

 

 

Malang, 03 Januari 2017

 

  Kantor Imigrasi Kelas I Malang menyongsong Tahun 2017 dengan melaksanakan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang (Bp. Novianto Sulastono, SH.MH). Apel pagi dilaksanakan di halaman pada pukul 07.15 WIB di ikuti oleh seluruh Pejabat Struktural dan Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Malang. Disela pelaksanaan apel pagi yang berjalan kurang lebih 15 menit tersebut, diucapkan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2017 oleh seluruh peserta apel pagi.

 

  Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2017 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan tema "Mewujudkan Reformasi Hukum dan E-Government Pasti Nyata". Seluruh Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Malang mengucapkan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2017 yaitu:

  1. Melaksanakan tugas dan fungsi secara Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif.

  2. Memanfaatkan tekhnologi informasi secara optimal untuk mendukung terlaksana nya reformasi hukum.

  3. Melakukan percepatan dalam pencapaian kinerja yang menjadi target sasaran secara akuntabel.

  4. Bersih dalam segala bentuk pungutan liar dan korupsi, serta senantiasa menjaga integritas moral dan perilaku.

  5. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui wadah Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

  Diharapkan Janji Kinerja ini menjadi langkah awal di tahun 2017 untuk dilaksanakan dan dihayati dengan sungguh-sungguh oleh seluruh Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Malang sehingga mampu memacu semangat dan terus menciptakan karya nyata terbaik dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan operasional sehari-hari, agar terpenuhinya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yang berkualitas dengan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

 

 

 

IMIGRASI MALANG MENUJU PELAYANAN BERKUALITAS

 

Dalam implementasi amanat Undang Undang no 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta menjalankan instruksi Presiden untuk menciptakan suatu pelayanan yang berkualitas Kantor Imigrasi Kelas I Malang menggelar kegiatan dengan tema Revolusi Mental yang diikuti seluruh staff jajaran pegawai dan pejabat struktural Kantor Imigrasi Kelas I Malang. kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 22 – 26 Agustus 2016, pembukaan acara kegiatan tanggal 20 Agustus 2016 bertempat di hall Hotel Harris di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur  Budi Sulaksana, SH. M.Si, dalam sambutannya beliau menekankan akan tugas, fungsi dan kewajiban sebagai abdi negara dalam meningkatkan kwalitas pelayanan publik.

Mengingat peningkatan pelayanan public merupakan kewajiban dari setiap instansi penyelenggara publik. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh dalam menunjang peningkatan pelayanan publik adalah SDM (Sumber Daya Manusia)

Kegiatan ini dilanjutkan pada tanggal 22-26 Agustus 2016 yang bertempat di aula Kantor Imigrasi Kelas I Malang selepas jam pelayanan pukul 16.00 WIB.  Faktor penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan publik adalah peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam organisasi dari alasan inilah Kantor Imigrasi Kelas I Malang mengadakan kegiatan program penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dikemas dengan tema “Kantor Imigrasi Kelas I Malang menuju Pelayanan yang Berkualitas”. Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini yang dihadiri seluruh staff dan Pejabat Struktural Kantor Imigrasi Kelas I Malang dapat :

1.      Menumbuhkan Kesadaran setiap Individu untuk meningkatkan disiplin dalam hal bertugas melayani pemohon;

2.      Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep menjadi individu yang sukses;

3.      Sebagai bentuk peningkatan kinerja Kantor Imigrasi Kelas I Malang

 

PERS RELEASE PELANGGARAN KEIMIGRASIAN TERHADAP WARGA NEGARA BRUNEI DARUSSALAM

Kantor Imigrasi Kelas I Malang. Imigrasi merupakan pintu garda depan yang memonitor lalu lintas keluar masuknya warga negara asing maupun pribumi di wilayah negara Republik Indonesia mempunyai tanggung jawab dalam ikut serta menjaga stabilitas keamanan nasional dengan memberikan ataupun mengawasi keberadaan penggunaan ijin tinggal terhadap warga negara asing yang telah diberikannya. Dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas I Malang menerapkan pelaksanaan Undang undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian memberikan wawasan sosialisasi terhadap masyarakat wilayah kerjanya mengenai maksud dan tujuan diberlakukannya  Undang undang no 6 tahun 2011, diharapkan dalam pemberian sosialisasi terhadap masyarakat, pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai keimigrasian dan keberadaan serta kegiatan orang asing di wilayahnya dapat termonitor sehingga kerja sama antara masyarakat dengan Kantor Imigrasi Kelas I Malang dapat terwujud.

Pada tanggal 24 Agustus 2016 Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang Novianto Sulastono, SH. MH beserta staff Seksi Wasdakim Imigrasi Malang mengadakan Pers Release mengenai pelanggaran Keimigrasian terhadap Warga Negara Brunei Darussalam. Orang tersebut kedapatan tidak memiliki Dokumen Keimigrasian dan berada di wilayah Indonesia khususnya di wilayah kerja Imigrasi Malang. Dengan tindakan pro aktif masyarakat kepada Kantor Imigrasi Kelas I Malang dalam memberikan pelaporan terhadap keberadaan orang asing yang tinggal atau berada di wilayah mereka adalah sebuah wujud kesadaran dari masyarakat mengenai keimigrasian.

Staff Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap warga negara Brunei Darussalam mengenai keberadaannya di Desa Sambigede, Sumbermanjing, Malang. setelah melakukan pencarian data melalui Sistem Informasi dan Teknologi Keimigrasian didapatkan bahwa warga negara Brunei Darussalam tersebut masuk wilayah Indonesia pada tanggal 10 Agustus 2010, dengan hasil track record dari system Keimigrasian dapat disimpulkan bahwa telah dilakukan tindakan pelanggaran keimigrasian terhadap warga negara asing tersebut dengan masuk wilayah Republik Indonesia secara Illegal. Akibat perbuatannya, Warga Negara Brunei Darussalam  dikenai pasal 119 ayat 1 UU nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian, yang menyatakan bahwa

Setiap Orang Asing yang masuk dan/atau berada di Wilayah Indonesia yang tidak memiliki Dokumen Perjalanan dan Visa yang sah dan masih berlaku sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (Lima Ratus Juta Rupiah).” Pada 16 Agustus 2016, pihak Kantor Imigrasi Klas I Malang telah mengirimkan surat pada Kantor kejaksaan Negeri Kepanjen terkait status tersangka yang disandang oleh WNA Brunei tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

More Articles...

Profile Imigrasi Malang

Copyright © 2014 Kantor Imigrasi Kelas I Malang. All Rights Reserved.