HomeInfo PublikArsip Berita

TINDAK LANJUT KANTOR IMIGRASI KELAS I MALANG TERHADAP KBIH ARAFAH MENGENAI 177 CJH BERMASALAH DI PHILIPINA

Kantor Imigrasi Kelas I Malang sementara ini melarang kegiatan PT. Tisaga Nurkhotimah yang dalam hal ini diwakilkan kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Arafah, Pasuruan dalam pengajuan permohonan pembuatan paspor, dan ini sembari menunggu proses yang sedang berlangsung. Larangan (banned) ini dilakukan pasca terungkapnya peristiwa ditahannya 177 calon jemaah haji (CJH) asal Indonesia oleh pihak Imigrasi Filipina.

Seperti diberitakan, dari 177 CJH itu, 12 orang di antaranya diberangkatkan oleh KBIH Arafah yang ditunjuk oleh sebuah perusahaan agen haji dan umrah di Jakarta yang belakangan diketahui bernama PT. Tisaga Nurkhotimah. 12 orang itu diketahui, 10 orang sebagai warga Pasuruan, dan dua orang warga Sidoarjo. Mereka bisa berangkat karena telah memiliki paspor.

Sebanyak 10 orang dari 12 orang yang diberangkatkan oleh KBIH Arafah membuat paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Malang.

"Setelah kejadian ini, dan selama masa pemeriksaan, KBIH ini kami banned. Biro Perjalanan Haji ini tidak boleh mengurusi/mengajukan berkas permohonan Paspor, dan kalaupun sudah ada berkas/permohonan yang masuk akan kami pending sambil menunggu hasil dari pemeriksaan" ujar Bapak Galih Priya Kartika Perdhana, Amd.Im. MPA sebagai Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Malang

Sebanyak 10 paspor yang diajukan 10 CJH asal Pasuruan itu dibuat dalam rentang waktu tahun 2015 hingga Agustus 2016. Bapak Galih Priya Kartika Perdhana, Amd.Im. MPA menegaskan bahwa tidak ada persoalan dalam prosedur pembuatan paspor tersebut, syarat formil dan materiil terpenuhi semuanya.

Pemohon telah memenuhi syarat pembuatan paspor seperti KTP, KK, buku nikah, akte kelahiran/ijazah terakhir. Karena persyaratan lengkap, petugas pun meloloskan administrasi permohonan itu.

Dalam pengisian formulir tujuan negara, pemohon juga mengisi negara Arab Saudi. Alasan mereka ke negara itu untuk ber-umrah bukan ber-haji. Pembuatan paspor untuk keperluan umrah itu juga dilengkapi dengan rekomendasi dari KBIH Arafah yang ditunjuk oleh PT Tisaga Nurkhotimah yang berada di Jakarta.

"Semuanya lengkap, secara prosedur tidak ada yang keliru. Berdasarkan data yang kami punya, mereka membuat paspor untuk umrah. Namun dalam perjalanannya ternyata untuk ber-haji itu yang tidak kami duga. Secara peruntukan paspor, hal itu sudah tidak benar, mengingat dalam wawancara peruntukan paspor tujuannya adalah untuk Umrah dengan dilampiri Surat Rekomendasi Umrah dari PT penyelenggara.

Karenanya, Kantor Imigrasi I Kelas Malang dalam waktu dekat akan memanggil pengelola KBIH Arafah. Petugas Imigrasi akan meminta keterangan terkait pembuatan paspor yang telah dilakukan.

 

 

PEMBAYARAN DOKUMEN KEIMIGRASIAN SUDAH DAPAT DILAKUKAN PADA 78 BANK PERSEPSI

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : IMI.KU.02.02-2472  tanggal 29 Juli 2016 tentang Penerapan Sistem Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) dan Visa Kunjungan Saat Kedatangan (VKSK) Melalui Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Online (SIMPONI) dan Surat Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Nomor : IMI.7-TI.02.02.1858 tentang Update Aplikasi Penerbitan Paspor RI dalam Rangka Implementasi Fitur Mekanisme Penerimaan PNBP Melalui SIMPONI tanggal 09 Agustus 2016. Bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Malang telah dilakukan update aplikasi permohonan Dokumen Keimigrasian per tanggal 26 Agustus 2016, sehingga terhitung mulai tanggal 29 Agustus 2016 pembayaran Dokumen Keimigrasian dapat dilakukan pada Bank Persepsi, Bank Persepsi yang dimaksud adalah ;

No

Bank

Mata Uang

Channel Pembayaran

Teller

ATM

Internet Banking

Mobile Banking

EDC

1.

BANK RAKYAT INDONESIA

IDR/USD

2.

BANK NEGARA INDONESIA

IDR/USD

3.

BANK MANDIRI

IDR/USD

4.

BANK CIMB NIAGA

IDR

 

5.

POS INDONESIA

IDR

6.

BPD SUMSEL BABEL

IDR

7.

CITIBANK, NA

IDR

8.

BPD JAWA BARAT & BANTEN

IDR

9.

BANK CENTRAL ASIA

IDR

10.

BANK MAYBANK INDONESIA

IDR

11.

BANK OF TOKYO – MITSUBISHI UFJ,LTD

IDR

12.

BANK BNI SYARIAH

IDR

13.

BPD KALIMANTAN SELATAN

IDR

14.

BPD RIAU KEPRI

IDR

15.

BANK NUSANTARA PARAHYANGAN

IDR

16.

BPD NUSA TENGGARA TIMUR

IDR

17.

BPD LAMPUNG

IDR

18.

BPD SUMATERA BARAT

IDR

19.

BANK SULAWESI UTARA

IDR

20.

BANK PAN INDONESIA

IDR

21.

BPD SUMATERA UTARA

IDR

22.

HSBC

IDR

23.

BPD JAWA TIMUR

IDR

24.

DEUTSCHE BANK AG

IDR

25.

BANK DBS INDONESIA

IDR

26.

BANK PERMATA

IDR

27.

BANK TABUNGAN NEGARA

IDR

28.

BANK MIZUHO INDONESIA

IDR

29.

BPD BALI

IDR

30.

BANK UOB INDONESIA

IDR

31.

BANK  ACEH

IDR

32.

BANK EKONOMI RAHARJA

IDR

33.

BANK KALIMANTAN TIMUR

IDR

34.

BPD BENGKULU

IDR

35.

BANK DANAMON INDONESIA

IDR

36.

BANK SYARIAH MANDIRI

IDR

37.

BANK NUSA TENGGARA BARAT

IDR

38.

BANK SUMITOMO MITSUI INDONESIA

IDR

39.

BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL

IDR

40.

BANK DKI

IDR

41.

BANK ANZ INDONESIA

IDR

42.

BPD SULSELBAR

IDR

43.

BPD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

IDR

44.

STANDARD CHARTERED BANK

IDR

45.

BANK OF AMERICA

IDR

46.

BANK KEB HANA INDONESIA

IDR

47.

BPD SULAWESI TENGAH

IDR

48.

BANK SINARMAS

IDR

49.

BPD KALIMANTAN TENGAH

IDR

50.

RABOBANK INDONESIA

IDR

51.

BANK SHINHAN INDONESIA

IDR

52.

BANK ICBC INDONESIA

IDR

53.

BANK OCBC INDONESIA

IDR

54.

JP MORGAN CHASE BANK

IDR

55.

BPD KALIMANTAN BARAT

IDR

56.

BPD MALUKU

IDR

57.

BPD PAPUA

IDR

58.

BPD JAWA TENGAH

IDR

59.

BANK MASPION INDONESIA

IDR

60.

BPD SULAWESI TENGGARA

IDR

61.

PT. BANK MNC INTERNATIONAL Tbk

IDR

62.

BANK COMMONWEALTH

IDR

63.

BPD JAMBI

IDR

64.

BANK BUMI ARTHA

IDR

65.

BANK QNB INDONESIA

IDR

66.

BANK RESONA PERDANA

IDR

67.

BANGKOK BANK PUBLIC CO.LTD

IDR

68.

PT BANK CTBC INDONESIA

IDR

69.

BANK BUKOPIN

IDR

70.

BANK MEGA

IDR

71.

BANK MUAMMALAT INDONESIA

IDR

72.

BANK MESTIKA DHARMA

IDR

73.

BANK J TRUST INDONESIA

IDR

74.

BANK MAYAPADA INTERNATIONAL

IDR

75.

BANK GANESHA

IDR

76.

BANK WOCRI SAUDARA 1906

IDR

77.

BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL

IDR

78.

BANK JASA JAKARTA

IDR

 

Dengan demikian perubahan metode pembayaran ini memberikan kemudahan dalam proses permohonan Dokumen Keimigrasian, sehingga pemohon dapat melakukan pembayaran Dokumen Keimigrasian pada salah satu bank tersebut diatas yang terdekat di wilayah tempat tinggalnya.

Pada perubahan metode pembayaran ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan penerapan system pembayaran PNBP DPRI melalui SIMPONI, adalah ;

  1.  Dari metode pembayaran melalui Bank menjadi metode pembayaran melalui SIMPONI MPN – G2 (SIMPONI wajib bayar);
  2.  Perubahan “nomor billing Bank” menjadi “No. Kode Bayar MPN G2” pada Bukti penghantar pembayaran;

 

 

       3.  Setelah tahapan wawancara, semua permohonan (baik permohonan yang ditolak, masuk adjudikator   maupun yang diluluskan akan menunggu status pembayaran dari SIMPONI sampai dengan pemohon melakukan pembayaran;

 

Permohonan yang dilayani sebelum dilakukan update aplikasi metode pembayaran ini akan tetap dapat melakukan pembayarannya melalui Bank BNI sesuai dengan batas waktu pembayaran yang tercantum dalam bukti penghantar pembayaran.

PISAH SAMBUT KEPALA KANTOR IMIGRASI KELAS I MALANG

 

Berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : SEK-06.KP.03.03 Tahun 2016 tanggal 15 April 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, pada tanggal 23 Mei 2016 Kantor Imigrasi Kelas I Malang melaksanakan upacara Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang dari Bapak Salman Faris Dalimunte, SE.MM kepada Bapak Novianto Sulastono, SH.

Bapak Salman Faris Dalimunte, SE. MM menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang sejak Tanggal 03 Pebruari 2014 sampai dengan tanggal 22 Mei 2016 yang selanjutnya akan menjabat sebagai Kepala Subdirektorat Produksi Intelejen Keimigrasian pada Direktorat Intelejen Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta Pusat, sedangkan Bapak Novianto Sulastono, SH sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tobelo menggantikan kedudukan sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Malang. Upacara Serah Terima Jabatan di pimpin oleh Bapak Med Evawadi, SH selaku Kepala Bidang Intelejen Penindakan dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah Jawa Timur yang dihadiri oleh Bapak Krismono Bc IP SH selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru Malang, Pejabat Struktural serta Karyawan  Kantor Imigrasi Kelas I Malang.

Sebelum penutupan acara Pisah Sambut Bapak  Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian memberikan sambutan berupa harapan Kantor Imigrasi Kelas I Malang agar kedepannya menjadi lebih dan lebih baik lagi dalam pelayanan Keimigrasian dan tak lupa juga agar melanjutkan beberapa program kerja yang belum terlaksana pada masa jabatan Bpk Salman Faris Dalimunthe, SE. MM

More Articles...

Profile Imigrasi Malang

Copyright © 2014 Kantor Imigrasi Kelas I Malang. All Rights Reserved.